Manfaat Pembelajaran Matematika dengan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Matematika yang dipahami sebagian besar orang sebagai ilmu hitung semata, memberi kesan bahwa dalam pembelajarannya matematika hanya berkutat seputar angka dan rumus. Sebuah pikiran picik tentunya jika hal ini dimaknai oleh mahasiswa pendidikan Matematika. Sejuta misteri unik sebenarnya tersembunyi di balik tabir matematika baik penggunaan logika dalam berpikir ketika belajar matematika, pola keteraturan matematika yang sering terkait dengan kehidupan sekitar kita, bahkan gaya dan keindahan dibalik setiap angka maupun formula dalam matematika.
Begitu juga dalam pembelajaran Matematika yang tidak hanya menggunakan
otak kiri dalam menulis angka maupun menurunkan rumus-sumus yang ada.
Dalam hal ini otak kanan pun berperan aktif menciptakan kreatifitas
dalam mengolah matematika menjadi suatu hal yang menyenangkan, dan ini
terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang memilih jurusan matematika dan
terjun memumpuninya. Namun hal ini berbanding terbalik dengan berbagai
fakta yang terjadi pada sebagian besar siswa-siswa sekolah menengah
atas. Jika ketika SD kebanyakan murid paling sering mendapat nilai 100
dalam pelajaran matematika maka ketika di SMP atau SMA matematika
dianggap momok yang cukup membuat siswa bahkan orang tua wali stress.
Apalagi jika siswa sudah dihadapkan pada Ujian Nasional, maka matematika
dianalogkan bagai musuh yang mesti diperangi habis-habisan. Ada apakah
gerangan? Memang sulitkah pelajaran matematika atau ada yang salah
dalam pembelajaran matematika.
Pembelajaran matematika
di kelas cukup mempengaruhi tingkat pemahaman dan penguasaan siswa
tentang matematika. Hal inilah yang mengharuskan pembelajaran
matematika harus dikemas semenarik mungkin, salah satunya dalam
penyampaian materi matematika. Media pembelajaran matematika lewat
teknologi tentunya menjadi alternative wajib yang harus dikuasai oleh
para calon guru matematika, sehingga dalam pembelajarannya tidak
terkesan monoton dan membosankan. Dan dalam tulisan akan penulis
siratkan berbagai manfaat pembelajaran matematika dengan TIK (Teknologi
Informasi Komputer), yang tentunya merupakan hasil observasi maupun
paradigma murni dari penulis.
Ada beberapa poin menarik yang mengenai manfaat pembelajaran matematika dengan TIK:
1. Pembelajaran matematika berbasis TIK lebih inovatif
Paradigma pembelajaran matematika yang terbiasa dengan angka,
rumus, PR, dan latihan soal yang menjemukan tentu harus diubah
menjadi pembelajaran matematika membuat fun dan enjoy. Hal ini bisa
dilakukan dengan menggunakan multimedia dalam menyampaikan materi yang
diselingi berbagai hal unik dari media yang ada. Sebagai contohnya
adalah ketika kita ingin menjelaskan materi tentang peluang. Dengan
bantuan laptop dan LCD kita bisa menampilkan intermezzo gambar tiga
kaos dan dua celana dengan warna yang berbeda dan siswa bisa diajak
berpikir tentang berapa kombinasi yang mungkin untuk memakai kostum
tersebut. Jadi dengan adanya teknologi pembelajaran matematika lebih
inovatif dan membuat siswa mampu memanifestasikan dalam dunia real yang
tak terbatas pada symbol matematika semata.
2. Pembelajaran audio visual lebih efektif
Matematika yang didominasi dengan angka, rumus, bagan, dan grafik
sering membuat siswa sulit menerima materi yang disampaikan guru.
Tetapi hal ini bisa disiasati jika guru mampu memberi warna yang
berbeda dalam penyampainnya, baik sajian audio maupun visualnya.
Disinilah peran kecanggihan teknologi yang dapat membantu pembelajaran
matematika lebih cepat dipahami oleh siswa. Hal ini bisa diterapkan di
kelas untuk menjelaskan materi disertai gambar atau grafik yang bisa
dibuat secara langsung lewat program tertentu diiringi sound atau musik
yang bisa bermanfaat bagi siwa dalam menyerap materi yang disampaikan.
3. Siswa lebih tertarik
Pembelajaran matematika dengan bantuan TIK akan membuat siswa
lebih tertarik dalam mendalami materi maupun hal-hal lain terkait
dengan materi yang dimpaikan. Para siswa tentu tidak akan jumud dengan
buku sumber dari guru semata, tetapi bisa menggali secara luas dari
media internet. Dimana kita tahu bahwa di internet tentunya memberikan
berjuta-juta informasi tentang matematika serta aplikasinya dalam
berbagai bidang kehidupan baik agama, social, ekonomi, politik, budaya,
dan lain sebagainya
4. Matematika tidak terkesan menjenuhkan
Matematika yang didukung dengan dengan kecanggihan TIK membuat
pembelajaran matematika tidak menjenuhkan. Banyak program komputer
yang bisa menunjang proses pembelajaran matematika seperti SPSS untuk
memudahkan dalam statistika, Mathlab dalam pembuatan grafik
trigonometri, maupun program lain yang berkaitan dengan materi
matematika. Program latihan dan praktik bisa digunakan dalam
pembelajaran di kelas. Program ini menyajikan masalah, dan siswa
merespons dengan cara memilih di antara respons-respons yang tersedia.
Program latihan dan praktik ini digunakan dalam pembelajaran dengan
asumsi bahwa suatu konsep, aturan atau kaidah atau prosedur telah
diajarkan kepada siswa. Program ini menuntun siswa dengan serangkaian
contoh untuk meningkatkan kemahiran menggunakan keterampilan, namun
harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan kebutuhan
pembelajaran. Program latihan dan praktik ini dapat digunakan secara
berulang-ulang demi untuk pengembangan keterampilan, mengingat atau
menghafal fakta. Hal semacam ini yang dapat memberikan penguatan
(reinforcement) kepada siswa secara konstan sehingga pembelajaran
menjadi lebih bermakna.
5. Menguji kreatifitas guru dalam pembelajaran matematika
Manfaat terpenting yang diperoleh dari pembelajaran matematika
berbasis TIK adalah para guru matematika akan semakin kreatif dalam
mengemas dan menyajikan matematika menjadi sesuatu hal yang
menyenangkan bagi para siswanya. Dan hal inilah yang menjadi PR besar
bagi kita selaku mahasiswa pendidikan matematika untuk memulai
menekuninya dengan high spirit agar kelak memiliki soft skill dalam
pembelajan matematika.
By: Ophyandra
http://astronema011189.blogspot.com
Kritik dan Saran
Tulisan
ini bagus namun ada yang kurang, penulis tidak memberikan kesimpulan,
karena dengan kesimpulan pembaca akan lebih mudah memahaminya. saran
saya ketika menulis lagi jangan lupa pake kesimpulan :)
Kelebihan dan Kelemahannya
Kelebihannya dari tulisan ini mudah di fahami kata-katanya jadi pembaca akan lebih cepat mengaerti
Kelemahannya
No comments:
Post a Comment